Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Lakukan Aksi Bersih-bersih Pantai dan Kampanye Penggunaan Plastik Sekali Pakai. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 03 Oktober 2024

Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Lakukan Aksi Bersih-bersih Pantai dan Kampanye Penggunaan Plastik Sekali Pakai.

 


Banyuwangi, Metro Jatim;
Dalam rangka World Clean Up Day Tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi berkolaborasi dengan Kodim 0825 Banyuwangi yang didukung langsung oleh Dandim 0825, Letkol Arh Joko Sukoyo, S.sos. M. Han, Paguyuban Pantai Seranite, Pemerintah Kelurahan Lateng serta pelajar yang tergabung dalam peserta Green Youth Movement Angkatan 2 Simpul Belajar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi.


Dengan peserta sejumlah 150 orang, mereka akan melaksanakan aksi bersih-bersih area Pantai Seranite. Kegiatan WCD tahun 2024 ini akan melakukan kegiatan bersih – bersih sampah yang mengusung tema “Kami 13 Juta Relawan bebersih untuk memberi ruang kehidupan (Make Rooms for life!)”.


Selain aksi bersih pantai, juga melaksanakan kampanye pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Kegiatan tersebut dilaksanakan dihari yang sama sebelum kegiatan bersih pantai.


Peserta Green Youth Movement memberikan sosialisasi pada pengunjung RTH yang sedang berolahraga maupun rekreasi terkait upaya mengurangi timbulan sampah dengan mengganti kantong plastik sekali pakai menggunakan kantong belanja guna ulang.


Guna meminimalisasi penggunaan kantong plastik sekali pakai, mereka juga membagikan kantong belanja guna ulang yang dibuat dengan Teknik Ecoprint. Tas Ecoprint tersebut merupakan karya dari peserta sebagai bentuk implementasi hasil pelatihan dalam diklat Green Youth Movement. Pengunjung juga dikenalkan dan diajak secara langsung untuk membuat tas belanjanya sendiri dengan Teknik Ecoprint.

Kegiatan World Clean Up Day Tahun 2024 berkolaborasi dengan Green Youth Movement diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih signifikan terhadap perubahan yang diupayakan. Pelibatan berbagai stakeholder juga diharapkan dapat mengoptimalkan penyebaran aksi dan informasi serta menularkan semangat menjaga lingkungan di Kabupaten Banyuwangi.


Kegiatan ini merupakan kegiatan serentak seluruh dunia dengan tujuan menyatukan masyarakat dari berbagai budaya, agama, ras dan membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendorong kolaborasi dari berbagai pihak untuk mewujudkan Indonesia bersih.


Pantai Seranite menjadi sasaran kegiatan ini karena merupakan salah satu pantai dengan pemandangan matahari terbit yang indah sehingga dihimbau pada pengunjung dan masyarakat supaya dapat menjaga keindahan dan kebersihan pantai tersebut. (Herman)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini