Cetak Generasi Unggul, Beriman dan Bertaqwa Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Sabtu, 19 Oktober 2024

Cetak Generasi Unggul, Beriman dan Bertaqwa Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan.

 


Madiun, Metro Jatim; 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun telah melaksanakan gelar Wisuda Karakter Berbasis Keagamaan untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah (SMP) Sewilayah Kabupaten Madiun di Pendopo Ronggo Jumeno Caruban, Kamis (17/10/2024).


Gelar Wisuda tersebut dihadiri oleh PJ. Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Madiun, Soejiono, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Madiun, Irfan Alkhaidari, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siti Zubaidah, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Anang Sulistjono, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Wilayah Madiun, Pengasuh Ponpes Wilayah Kabupaten Madiun, KH. Mabrur Safiq, KH. Makruf Hasbullah, KH. Mustofa Ibrahim dan KH. Mustaqim Basyariah Serta Camat Sewilayah Kabupaten Madiun dan Ketua KKG PAI Kabupaten Madiun, Ketua TPQ RMI, Ketua FKDT, Ketua FKPQ, Ketua LPTQ, Pengawas PAI, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Madiun, Ketua PGRI Kabupaten Madiun, Pengawas SD, Pengawas SMP K3S SD dan Ketua MKKS SMP.


PJ. Bupati Madiun dalam kesempatan sambutannya menyampaikan, "Wisuda ini bukan hanya sekedar Seremonial saja namun sebagai Cerminan dan Komitmen Pemerintah Kabupaten Madiun dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Cerdas, berdaya saing dan memiliki Akhlak yang mulia dan juga salah satu dari perintah negara untuk memastikan terbentuknya Karakter dari Generasi muda yang Cerdas dan Produktif melalui Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan ini, Kita persiapkan untuk Generasi penerus yang siap mengambil tongkat estafet kepemimpinan dimas depan nanti," tuturnya.


Pj. Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto berharap, Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan di Kabupaten Madiun dapat semakin berkembang dan bermanfaat besar bagi Generasi mendatang, selain itu agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan untuk memastikan Integritas nilai-nilai agama dan pengetahuan umum dapat mencetak manusia-manusia yang unggul, beriman dan bertaqwa.


Diketahui, sebanyak 449 Siswa-Siswi tingkat SD dan SMP Sewilayah Kabupaten Madiun telah berhasil menyelesaikan Program pembelajaran meliputi membaca, menulis dan menghafal Alqur'an pada surat-surat dalam Juz 'Amma, dimana Program ini merupakan Implementasi Perbup Madiun nomor 64 Tahun 2016 tentang Pentingnya Pendidikan Karakter Berbasis Keagamaan sebagai Pondasi guna membentuk manusia berakhlakul Karimah.


Sedangkan, perwakilan peserta Wisuda Karekter Berbasis Agama untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tartila Bil Qolam terdapat 15 anak dan untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) terdapat 12 anak, demikianpun pada Lomba MTQ untuk jenjang Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2024 dalam Lomba Murottal Wal Imla putra sebagai Juara satu diraih oleh Muh Janki Dausat dari SDN 03 Kebonsari dan untuk Juara satu Putri diraih oleh Putri Safina Nastiti dari SDN 01 Jiwan, untuk Lomba Tilawah Putra diraih oleh Arjuna Daffa Dewantoro dari SDN Ulil Alban Mejayan sedangkan sebagai Juara Tilawah Putri diraih oleh Arina Infamal Alifa dari SDN 02 Kebonsari.


Pada Lomba MTQ Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Madiun Tahun 2024 dibidang Cabang Lomba Murottal Wal Imla Putra, sebagai Juara satu diraih oleh Anwar Triyoga dari SMPN 03 Nglames dan Juara Harapan satu diraih oleh Bima Anjareka Mukti dari SMPN 01 Mejayan, sedangkan di Cabang Murottal Wal Amla Putri diraih oleh Nur Ainun Mahmuda dari SMP IT MR Bob dan Juara Harapan satu diraih oleh Viona Revalina.A., dari SMP IT Ibnu Batutah, Untuk Katagori Lomba Tilawah Putra sebagai Juara satu diraih oleh Muhammad Ridzo.F. dari SMP IT MR Bob, dan untuk Juara Harapan satu diraih oleh Afif Miftakhul.H., sedangkan pada Katagori Tilawah Putri, Juara satu diraih oleh Ayu Oktavia Nuria.F., dari SMPN 02 Pilangkenceng dan untuk Juara Harapan Satu diraih oleh Zahra Nur Khasanah dari SMPN 01 Pilangkenceng.


Selain pemberian penghargaan kepada Juara Lomba MTQ tingkat Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah juga memberikan kenang-kenangan bagi para Wisuda Karakter Berbasis Keagamaan. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini