Dinkes Sumenep Keluarkan Surat Edaran Waspada Mpox - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 09 September 2024

Dinkes Sumenep Keluarkan Surat Edaran Waspada Mpox

 


Sumenep, Metro Jatim;

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengeluarkan surat edaran (SE) tentang pencegahan cacar monyet (Mpox).


Surat Edaran (SE) tersebut distujukan kepada seluruh puskesmas baik yang berada di wilayah daratan maupun kepuluan.


"Kita sudah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada 30 puskesmas. Surat Edaran (SE) itu agar puskesmas melakukan pencegahan penularan dan penyebaran Mpox," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes P2KB Kabupaten Sumenep Achmad Syamsuri, Sabtu (7/9/2024).


Syamsuri menambahkan, seluruh puskesmas diarahkan memasang informasi pencegahan dan penerapan pola hidup sehat. Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 


Dalam pencegahan Mpox, pihaknya menekankan betapa pentingnya keterlibatan semua pihak. Dengan begitu kasus Mpox tidak terjadi di Kabupaten Sumenep.


"Seluruh puskesmas kita siagakan, jadi dengan langkah ini, semoga kita tidak terjadi kasus Mpox di Kabupaten Sumenep," katanya. 


Syamsuri mengungkapkan, Mpox memiliki gejala yang samar-samar seperti demam dan muncul bintik-bintik menyerupai cacar biasa. Namun jika cacar biasa ruam berisi cairan seperti air, untuk Mpox cenderung nanah. (Yakoeb)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini