Gebyar Wayang Kulit Dan Santunan Kepada Anak-Anak Yatim Warnai Gelar Bersih Desa. - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 06 Agustus 2024

Gebyar Wayang Kulit Dan Santunan Kepada Anak-Anak Yatim Warnai Gelar Bersih Desa.


Madiun, Metro Jatim;

Gebyar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan pemberian santunan kepada anak yatim warnai puncak kegiatan gelar Bersih Desa atau Nyadran Desa Kebonagung Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun, Sabtu (3/8/2024)


Berlangsungnya Kegiatan Gebyar Wayang Kulit semalam suntuk kali ini dibawakan oleh Ki Dalang Cahyo Kuntadi, S. Sn.,M. Sn., dari Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah dengan mengambil lakon Pandawa Bangun Praja dan pemberian Santunan Kepada anak-anak Yatim oleh Kepala Desa Kebonagung, Alek Susanto dalam rangka Memeriahkan puncak acara gelar Bersih Desa atau Nyadran yang dilaksanakan dihalaman rumah Kepala Dusun Wates, Rino Prasetyo.


Hadir dalam gelar, Pejabat Muspika Kecamatan Mejayan didampingi oleh Kepala Desa Kebonagung, Alek Susanto, Kepala Desa sewilayah Kecamatan Mejayan, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Undangan.


kegiatan Bersih Desa atau Nyadran didahului dengan kegiatan bersihkan lingkungan makam desa secara gotong royong, dilanjutkan kegiatan ritual kenduri tumpengan di Punden desa setempat untuk mendo'akan bersama kepada Leluhur agar mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.


Dalam kesempatan Sambutannya, Kepala Dusun Wates, Rino Prasetyo menyampaikan rasa terima kasih kepada semua warga masyarakat Desa Kebonagung serta semua pihak atas dukungannya, baik moril maupun materiil sehingga dapat terlaksananya kegiatan gelar gebyar Wayang Kulit semalam suntuk dan pemberian Santunan kepada anak-anak Yatim dengan baik, tak lupa saya dengan senang hati menerima kritikan yang bersifat membangun dari semua warga masyarakat Desa Kebonagung untuk kebaikan bersama kedepannya.


Demikianpun, dalam kesempatan sambutannya Kepala Desa Kebonagung, Alek Susanto mengatakan, "Kegiatan Gebyar Wayang kulit semalam suntuk ini dilaksanakan dalam rangka Bersih Desa Kebonagung yang merupakan peninggalan leluhur kita yang dilaksanakan setiap tahun dengan anggaran dananya diambil dari Dana Desa, demikian pula dikesempatan ini sekaligus saya informasikan tentang pengajuan sertifikat pelepasan lahan milik Perhutani dimana pihak Perhutani saat ini sudah melepaskannya kita tinggal menunggu terbitnya sertifikat atas nama pemilik dari Pemerintah dengan kriteria tanah yang sudah ada bangunan rumahnya terlebih dahulu, sedangkan yang masih berupa lahan kosong akan ditanami oleh bagian penyertifikatan Pemerintah Kabupaten Madiun," tutur Alek.


Sebagai acara tambahan sekaligus penutup, Kepala Desa Kebonagung Alek Susanto membagikan dana santunan kepada anak-anak Yatim yang berasal dari kantong pribadi dan  dilanjutkan acara penyerahan Wayang Werkudoro kepada Ki Dalang Cahyo Kuntadi sebagai tanda dimulainya gelar. (Ismantono)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini