DLH Sumenep Tingkatkan Pengelolaan Sampah Dengan Menambah Mini Dump - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Rabu, 07 Agustus 2024

DLH Sumenep Tingkatkan Pengelolaan Sampah Dengan Menambah Mini Dump

 


Sumenep, Metro Jatim; 

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berencana pengadaan mini dump  truck L300 sebagai bagian dari upaya meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah di wilayah kepulauan dan daratan.


Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH, Dedy mengungkapkan, bahwa kendaraan baru ini akan sangat membantu dalam proses pengangkutan sampah dari titik-titik pengumpulan ke tempat pembuangan akhir (TPA).


“Untuk pengadaan mobil mini Dump  Truck L300 akan dilaksanakan tahun ini, sekitar bulan Oktober atau November 2024,” jelasnya. Senin (5/8/2024).


Ia juga menyampaikan, ini peruntukan hanya satu lokasi di Kecamatan Arjasa. Ada juga tambahan kontainer untuk pelayanan Kecamatan Lenteng dan Kecamatan Pragaan.


“Jadi perinciannya satu unit mini dump  truck, dua unit kontainer, dan satu unit mini kontainer. Dalam hal ini merupakan bentuk cadangan atau insidentil yang sifatnya pelayanan sewaktu-waktuu mendesak. Maka harga per unitnya sekitar Rp.350 hingga Rp.500 Juta,” ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arif Susanto mengatakan, pihaknya memilih mini dump  truck L300 karena ukurannya yang compact namun memiliki kapasitas angkut yang cukup besar.


“Anggaran pengadaan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024,” kata Mantan Camat Rubaru ini..


Ia berharap, kendaraan ini diharapkan dapat menjangkau area-area sempit di permukiman padat penduduk.


“Dengan adanya kendaraan baru nanti, diharapkan proses pengangkutan sampah dapat lebih cepat dan efisien, sehingga kebersihan lingkungan dapat lebih terjaga,” pungkasnya.(Yakoeb)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini