Budaya Sedekah Bumi atau Bersih Desa Tak Lekang Oleh Waktu - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 27 Agustus 2024

Budaya Sedekah Bumi atau Bersih Desa Tak Lekang Oleh Waktu


Blitar, Metro Jatim; 

Pemdes Kunir, Kecamatan  Wonodadi Kabupaten Blitar sedang melaksanakan kegiatan Bersih Desa atau sedekah bumi, sekaligus mengadakan  tirakatan hari Kemerdekaan ke 79 yang diadakan pada hari Sabtu (17/8/2024). Tujuan Bersih desa adalah, sebagai upacara adat, memiliki makna spiritual di baliknya. Pertama-tama bersih desa bertujuan untuk mengungkapkan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang didapat. Bersih desa merupakan kearifan lokal yang menjadi tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat khususnya di tanah jawa, Kegiatan bersih desa sampai dengan saat ini masih banyak kita temui di lingkungan Masyarakat. Khususnya di Desa Kunir. 


Tradisi-tradisi ini merupakan warisan nenek moyang yang memiliki makna dan nilai tersendiri bagi masyarakat. Dengan mempertahankan tradisi ini, kita dapat memperkaya dan memperkuat jati diri bangsa. 


Tradisi merupakan bagian dari kebudayaan yang tidak dapat dipisahkan karena tradisi tidak akan pernah lepas dari budaya masyarakat yang telah melekat erat dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari- hari. Dengan adanya tradisi maka akan terjadi kesinambungan serta rasa gotong royong dalam masyarakat.


Hadir dalam acara ini Forkopimcam, anggota BPD, Lembaga serta tokoh masyarakat Kunir.


Dalam kesempatan ini Bastomi Kades Kunir mengatakan bahwa, "Bersih Desa, kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 79 yang bertemakan Nusantara Baru, Indonesia Maju. Beliau juga mengatakan dalam acara ini mengundang ibu- ibu warga desa Kunir untuk ikut serta berdoa , karena doa yang dipanjatkan oleh seorang ibu akan diyakini memiliki sebuah kekuatan yang sangat luar biasa, karena berasal dari hati nurani yang sangat tulus," ujarnya.


Dalam kesempatan kali ini Camat Wonodadi, Imam Saafii, S.H., M.H. juga memberikan penjelasan tentang pentingnya menanamkan tentang norma etika dan moral kepada anak-anak sejak kecil. Pendidikan agama merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak. Yang mana nantinya akan membantumu pertumbuhan mereka menjadi individu yang berakhlak baik dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (Sur) 

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini