Gangguan Berkemih? dr. Fakhri Surahmad, Sp.U, M.Kes, di RSUD Jombang Siap Memberikan Solusi Terbaik - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 16 Juli 2024

Gangguan Berkemih? dr. Fakhri Surahmad, Sp.U, M.Kes, di RSUD Jombang Siap Memberikan Solusi Terbaik



Jombang, Metro Jatim;

Gangguan berkemih seringkali dianggap sepele oleh sebagian masyarakat. Padahal, jika dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Untuk itu, deteksi dini dan penanganan yang tepat sangat dibutuhkan.


dr. Fakhri Surahmad, Sp.U, M.Kes, dalam acara "Humas RSUD Jombang Menyapa" menjelaskan bahwa gangguan berkemih kerap disebabkan adanya sumbatan pada saluran kencing.


"Pada usia 50 tahun ke atas, biasanya terjadi pembesaran di kelenjar prostat yang menjadi salah satu pemicu gangguan berkemih," ungkap dr. Fakhri.


Gejala umum yang sering dialami penderita gangguan berkemih adalah gejala iritatif(radang) antara lain sering berkemih, sulit menahan berkemih, nyeri saat berkemih, serta gejala obstruktif (sumbatan) antara lain seperti tidak lampias, tidak bisa mengosongkan kandung kemih secara sempurna, harus mengejan serta pancaran yg melemah. 


Menurut dr. Fakhri, gejala tersebut diatas merupakan tanda adanya pembesaran prostat jinak yang merupakan kasus yang paling sering terjadi. Sedangkan untuk kasus yang disebabkan keganasan ditandai dengan gejala seperti hematuria (kencing berdarah) atau hematospermia (darah keluar saat ejakulasi) tergolong jarang.


"Untuk mengantisipasi hal ini, saya menyarankan agar masyarakat memeriksakan diri sedini mungkin kepada dokter jika merasakan gejala tersebut," imbuhnya.


Penanganan gangguan berkemih karena pembesaran prostat dapat ditangani dengan pengobatan jika dalam derajat ringan, sedangkan jika keluhannya berat dapat dilakukan tindakan operasi tanpa pembedahan untuk mengambil sumbatan.


Di RSUD Jombang sendiri, setiap harinya dari 40-50 pasien di Poli Urologi sekitar 20-30 pasien yang menjalani penanganan atas kondisi ini.


"Pelayanan urologi di RSUD Jombang saat ini memiliki layanan unggulan yaitu penggunaan laser untuk memecahkan batu ginjal, serta kemampuan untuk mengambil batu tanpa pembedahan. Tidak perlu khawatir karena alat yang kami miliki cukup lengkap sehingga dapat mendiagnosa serta menangani dengan lebih tepat," jelas dr. Fakhri.


Untuk jadwal praktik di Poli Urologi RSUD Jombang dr. Fakhri Surahmad dan dr.Sonny Agus Santoso melayani pasien setiap hari Senin sampai Jumat 


Dengan fasilitas dan tenaga medis yang mumpuni, RSUD Jombang siap membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai gangguan urologi, termasuk gangguan berkemih. Deteksi dini dan penanganan yang tepat sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius. (Hsn)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini