Poli Paru di RSUD Sumenep Ditangani 2 Dokter Spesialis Berpengalaman - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 13 Juni 2024

Poli Paru di RSUD Sumenep Ditangani 2 Dokter Spesialis Berpengalaman

 


Sumenep, Metro Jatim;

Pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur,  yang kini dinakhodai seorang perempuan bernama dr. Erliyati, M.Kes, sudah tidak diragukan kualitasnya, Rabu (12/6/2024).


Rumah sakit milik Pemkab kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sumenep ini juga menyediakan berbagai poli demi memberikan pelayanan terbaik pada bidang pelayanan kesehatan di ujung paling timur pulau Garam Madura.


Seperti salah satunya keberadaan poli paru di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep kualitas pelayanannya terbaik karena ditangani dilayani oleh 2 dokter spesialis paru berpengalaman yakji dr. Andri Dwi Wahyudi, dan dr. Renny Irviana Eka Tantri.



Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes


Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep Erfin Sukayati mengungkapkan, banyak yang bisa dilakukan di rumah sakit pelat milik Pemerintah Kabupaten Sumenep khususnya pada poli paru seperti Spirometri, CT Scan Thorak + Kontras.


“Rencana juga akan diaktifkan Fiber Optik Bronkoskopi,” terang Kasi Informasi pada rumah sakit pelat merah kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sumenep.


Erfin menjelaskan, layanan kesehatan di poli paru RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep dilakukan setiap hari.


“Setiap hari Senin s/d Sabtu jam 07.00 WIB sd 14.00 WIB,” ujar Kasi Informasi RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep Erfin Sukayati.


Dokter spesialis paru RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Andri Dwi Wahyudi menerangkan, bahwa layanan di poli paru tidak hanya tentang paru-paru saja melainkan semua penyakit paru dan saluran pernapasan misal Asma, PPOK, TBC, Tumor Paru, Pneumonia, infeksi saluran nafas bawah, batuk darah, sesak nafas, dan lain-lain.


“Di RSUD Sumenep juga sudah jadi rujukan untuk TBC resisten/kebal obat dan susah ada semua sarana penunjang seperti poli khusus TB resisten obat, gazebo untuk ruang tunggu pengawasan minum obat. Obat-obat terbaru untuk TBC resisten/kebal obat,” jelasnya..


dr. Andri Dwi Wahyudi sang dokter spesialis paru pada RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep ini mengungkapkan, banyak yang menyebabkan kapasitas paru paru misal adanya tumor, Abses, Fibrosis paru, Efusi pleura atau cairan pleura, Massa mediastinum dan lain-lain.


Dokter spesialis poli paru dr. Renny Irviana Eka Tantri merinci untuk jumlah pengunjung tahun 2024 berjalan ini pada RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep mencapai ribuan pengunjung.


“Dengan jumlah pengunjung sebanyak 2787 pasien dari Januari sd Mei 2024,” ucap dr. Renny Irviana Eka Tantri.


Dokter perempuan spesialis paru pada rumah sakit milik Pemkab  kebanggaan Pemerintah Kabupaten Sumenep ini memaparkan, untuk menurunkan resiko penyakit paru, menyarankan kepada masyarakat untuk berhenti merokok, pola hidup sehat dengan Vaksin BCG untuk pencegahan penyakit dan makan makanan yang bergizi.


“Juga jika sedang sakit dan ada keluhan batuk, untuk beretika batuk dengan memakai masker dan sering cuci tangan,” jelas dr. Renny Irviana Eka Tantri. (Yakoeb)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini