Berkurangnya Hama Tikus dan Hama Wereng di Area Pertanian Desa Ngrendeng - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 11 Juli 2021

Berkurangnya Hama Tikus dan Hama Wereng di Area Pertanian Desa Ngrendeng


Tulungagung, Metro Jatim;

Hama tikus dan hama wereng memang menghantui sebagian besar para petani di Kabupaten Tulungagung, akan tetapi para petani di Desa Ngrendeng dapat mengatasinya. Area pertanian di desa ini mayoritas padi, terlihat asri berwarna hijau di sekitar Desa Ngrendeng Kecamatan Gondang. 


"Para petani di Desa Ngrendeng ini memang sempat mengalami serangan hama tikus dan hama wereng akan tetapi kita atasi melalui kegiatan lahiriyah maupun batiniah," ucap Nurjiman selaku kepala Desa Ngrendeng saat diinterview pada hari Sabtu (10/7/2021).


Kegiatan lahiriyah yaitu dengan mengadakan gropyokan dan mengobati, sedangkan kegiatan batiniyah yaitu dengan labuh bersama kelompok tani.


Dengan kekompakan bersama-sama antara para petani dan Kelompok Tani Sri Asih 1 dan Sri Asih 2 maka tanaman padi berhasil panen dengan hasil yang memuaskan.


Jumlah para petani di Desa Ngrendeng berjumlah 75 orang yang mayoritas menanam padi, kerukunan dan guyub rukun terlihat jelas di Desa Ngrendeng ini.

Nurjiman, Kades Ngrendeng


Di era kepemimpinan Nurjiman hama wereng dan hama tikus dapat teratasi, para petani pun senang melihat hasil panennya. 


Harapan kepala Desa Ngrendeng semoga kekompakan para petani dan kelompok tani tetaplah terjaga dan bisa bersatu baik dalam keadaan suka maupun duka. 


Para petani pun memiliki harapan semoga hasil panen pertanian di Desa Ngrendeng tidak ada kendala lagi dan selalu memuaskan hasil panennya. 


Kinerja dan komunikasi yang baik antara pihak pemerintahan Desa Ngrendeng dan pihak para kelompok tani akan bisa menyelesaikan segala masalah. (Irfan)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini