Pemkab Malang Kerahkan Alat Berat Di Lokasi Longsor Penghubung Malang - Kediri - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 04 Februari 2021

Pemkab Malang Kerahkan Alat Berat Di Lokasi Longsor Penghubung Malang - Kediri


Malang, Metro Jatim;

Bupati Malang Sanusi bersama beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meninjau longsor di Desa Jombok, Kecamatan Pujon, tepatnya Jalan Raya Penghubung Malang - Kediri. serta memantau langsung jalannya evakuasi dan penanganan, usai longsor yang terjadi pada Selasa Malam (2/2/2021). Agar jalan bisa kembali di gunakan masyarakat pasca longsor Pemkab Malang melalui Dinas terkait mengerahkan tiga alat berat eskavator bersihkan material timbunan tanah longsor yang menutup ruas jalan.


"Baru saja kita lihat langsung jalannya proses membersihkan material tanah yang longsor di lokasi dengan menggunakan alat berat milik Pemkab Malang," urainya


Pemkab Malang sifatnya membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam penanganan pasca bencana ini, karena posisi longsor dekat dan terjangkau mobilitas alat berat dari Pemkab Malang.


"Upaya gerak cepat dan medan yang mendukung untuk mencapai lokasi bencana, memberi ruang tepat penanganan efakuasi oleh Pemkab Malang serta berharap hari ini sudah selesai agar jalan bisa kembali difungsikan dengan normal," tambah Sanusi, saat meninjau lokasi longsor.


Alat berat tetap di siagakan di sekitar lokasi, untuk menjaga kemungkinan longsor susulan dengan pertimbangan struktur tanah di sekitar lokasi serta cuaca yang menunjukkan tanda - tanda hujan masih akan mengguyur kawasan Malang Raya dan sekitarnya.


"Sepertinya masih ada potensi longsor susulan jika melihat cuaca dan struktur tanah yang curam,maka alat berat milik Pemkab nantinya akan tetap stand by di Pujon," tegas Bupati Malang di lokasi.


Perlunya menggalakkan program penghijauan sebagai salah satu cara menanggulangi kemungkinan terjadinya bencana agar tidak sampai terjadi longsor. "Ke depan kita harus menggiatkan penghijauan penanaman pohon agar supaya kejadian seperti ini dapat di minimalisir," jelas Abah Sanusi.


Saat ini yang jadi prioritas segera di lakukan pemberisihan longsoran tanah yang menutupi jalan raya, sedangkan bagi korban yang terdampak akan diberikan bantuan melalui Dinas Sosial. "Saya telah memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD segera memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana ini, seperti warga di Pujon," tutup Sanusi.


[DjoniUR/giar]

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini