Pemkab Ngawi Sosialisasikan Jangan Kendor Disiplin Pakai Masker - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 09 November 2020

Pemkab Ngawi Sosialisasikan Jangan Kendor Disiplin Pakai Masker

Ngawi, Metro Jatim;

Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi, melalui Dinas Kesehatan melakukan upaya untuk memutus mata rantai atau menekan penularan Covid 19. Sabtu (07/11/2020). Bertepatan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 jajaran Dinas Kesehatan membagi-bagikan masker di perempatan tugu Gading kartonyono. Kegiatan bagi-bagi masker untuk para pengendara yang melintas, tersebut dipimpin langsung Hj. Antiek Budi Sulistyono., S.H, selaku ketua Darma Wanita Kabupaten Ngawi, merupakan istri Bupati Ngawi H. Budi Sulistyono. Kurang lebih sebanyak 86 ribu masker untuk dibagikan gratis kepada masyarakat melalui 24 puskesmas di Kabupaten Ngawi.


dr. Yudhono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, sedikitnya menguraikan pesan dari Kemenkes, "Tujuan utama pembagian masker agar masyarakat terhindar dari virus Covid-19 maka wajib terapkan protokol kesehatan dengan kenakan masker jika berada di luar rumah. Sekali lagi diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu memakai masker," ujarnya.

Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan Covid-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya, seperti pasar dll. 


Lanjut dr. Yudhono, "Penularan Covid-19 umumnya melalui cairan tubuh yang keluar dari hidung/ mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana cairan tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda/permukaan atau bagian tubuh. Di saat itu, fungsi masker menjadi sangat penting," jelasnya.

Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.


"Sebagai tindak lanjut penerapan upaya-upaya untuk mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan perilaku sehat, yaitu Selalu Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menjaga Jarak. Jangan Kendor! Disiplin Pakai Masker,” tegas Yudhono. (Adv/Kominfo Ngawi/JM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini