KPU Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Nasional Pilkada 2020 - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 02 November 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Nasional Pilkada 2020

KPU Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Nasional Pilkada 2020


Kediri, Metro Jatim;

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri menggelar Simulasi Nasional Pemungutan, Penghitungan Suara dan Penggunaan Sirekap di tingkat TPS (tempat pemungutan suara). Acara tersebut dilaksanakan  di halaman KPU Kabupaten Kediri, Sabtu (31/10/2020) pagi. Dalam kegiatan simulasi pencoblosan tersebut, KPU Kabupaten Kediri menghadirkan ketua KPU RI Arief Budiman, Tim Biro Teknis KPU RI, KPU Provinsi Jatim, KPU Jateng Dan KPU Bali, juga hadir Komisioner KPU Kab/Kota se-Jawa Timur.


Menurut Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan, "Program Nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dipercayakan kepada KPU Kabupaten Kediri karena dirasa paling siap menggelar simulasi nasional untuk pemungutan, penghitungan suara dan sirekap," ucapnya.


Tambah Arief Budiman, KPU Provinsi Jatim dan KPU Kabupaten Kediri memberikan masukkan ke KPU RI. Beberapa KPU Kabupaten menyatakan siap untuk mendukung program nasional. “Di Kabupaten Kediri ada pasangan calon tunggal mungkin penting juga melakukan simulasi di daerah. Dikarenakan, ada beberapa kesiapan akhirnya kita gelar di KPU Kabupaten Kediri,” ujar Arief Budiman.

Ditempat yang sama, Anwar Ansori selaku komisioner KPU Kabupaten Kediri menjelaskan, kegiatan simulasi masih sesuai dengan protokol kesehatan, ada hal baru yakni Sirekap (sistem informasi rekapitulasi elektronik). Hasil dari Sirekap bisa didapat dari TPS, lalu discan di aplikasi Sirekap.


“Maka yang berkaitan dengan sirekap, perlu keahlian IT minimal dua orang yang bisa IT ditiap-tiap TPS, hal itu menjawab terkait perkembangan perubahan Situng menjadi Sirekap,” ujar Anwar.


Dalam pilkada  serentak di Provinsi Jawa Timur ada dua daerah yang memiliki calon tunggal yaitu Kabupaten Kediri dan Kabupaten Ngawi.

(Rs'08)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini