Desa Banjaransari Realisasasikan DD Untuk Infrastruktur Jalan Sebagai Penunjang Ekonomi Kreatif - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 28 Juli 2020

Desa Banjaransari Realisasasikan DD Untuk Infrastruktur Jalan Sebagai Penunjang Ekonomi Kreatif


Ngawi, Metro Jatim;

Desa Banjaransari Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi manfaatkan kucuran Dana Desa (DD) tahun 2020 untuk pembangunan peningkatan infrastrukur akses jalan dan pemberdayaan dilingkungan masyarakat desa.

Salah satunya peningkatan jalan paving block dan drainase. Di Dusun Banjar 1 dan dusun Banjar 2 masing-masing menggunakan anggaran dana DD tahap ke 1 dan tahap ke 2, kegiatan peningkatan jalan tersebut  dilaksanakan setelah penanggulangan pandemi Covid-19, oleh tim pelaksana desa setempat yang telah dipercayakan oleh pemerintahan desa Banjaransari.

Banjaransari yang terbagi empat Dusun yaitu Barahan, Brangkal, Banjar 1 dan Banjar 2, merupakan daerah pertanian, dan mayoritas masyarakat adalah hidup dari pertanian,  buruh tani,  usaha dagang dan  pengerajin anyaman tas plastik, oleh sebab itu pembangunan  infrastruktur jalan menjadi prioritas utama pemerintah desa Banjarasari  dalam pengelolaan kucuran anggaran DD dari pemerintah pusat.

Pembangunan infrastruktur dapat berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung yang akan bisa dinikmati serta untuk  menciptakan kesejahteraan masyarakat setempat.

Dikatakan Kepala Desa (Kades) Banjaransari, Agus Widodo, "Pemerintahan Desa Banjaransari prioritaskan kucuran anggaran DD untuk pembangunan infrastruktur akses jalan, tak lain adalah untuk memberikan dorongan pada masyarakat meningkatkan pemberdayaan ekonomi serta akan mendorong kreatifitas warga dalam menciptakan peluang-peluang pendapatan baru," terang Kades.


Lebih lanjut dikatakan, Mbah Agus sapaan akrabnya kades yang  sudah menjabat 2 periode tersebut, "Selain pengelolaan kegiatan program dana desa, dimasa pandemi Covid-19 yang membahayakan ini pemerintah desa Banjaransari juga turut sosialisasi serta memerangi dalam pencegahan virus tersebut, dengan lakukan  penyemprotan secara rutin dipemukiman warga setempat dan pemberian masker," paparnya.

Hal ini dilakukan secara menyeluruh di desa Banjaransari sesuai dengan protokol dari dinas kesehatan dan gugus penanganan Covid-19 Kecamatan Padas. Meskipun Desa Banjaransari merupakan masuk dalam deretan wilayah desa sebagai kategori daerah zona hijau di wilayah Kabupaten Ngawi.

"Oleh karena itu Saya selaku  kepala desa Banjaransari akan mengajak masyarakat untuk terus berupaya dalam memerangi Covid-19 dengan cara mengikuti himbauan sesuai protokol kesehatan dari pemerintah," tutup Kades Banjarsari.
oleh : JM

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini