Mantap!! PT. KAI Daop 9 Jember Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Calon Penumpang - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Kamis, 02 Januari 2020

Mantap!! PT. KAI Daop 9 Jember Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Calon Penumpang


Banyuwangi, Metro Jatim;
Massa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, PT. Kereta Api Indonesia Daop 9 Jember menyediakan layanan kesehatan gratis bagi para calon penumpang kereta.

Layanan cek kesehatan ini meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolestrol, dan pemeriksaan asam urat. Para calon penumpang yang sedang menunggu keberangkatan kereta, juga dapat berkonsultasi medis.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas tambahan kepada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan kereta di stasiun,” ujar Vice President PT. KAI Daop 9 Jember, Joko Widagdo melalui Humas Mahendro Bawono, di Stasiun Banyuwangi Kota, pada Kamis (2/1/2020).

Layanan pemeriksaan gratis bagi penumpang kereta itu, kata Mahendro, digelar di 3 stasiun. “Kemarin pada 31 Desember 2019 di Stasiun Jember, hari ini di Stasiun Banyuwangi Kota, dan besok di Stasiun Probolinggo,” terangnya.

Fasilitas tambahan lainnya, PT. KAI juga menyediakan ruang ibu menyusui dan fasilitas kursi roda bagi para penumpang yang membutuhkan layanan tersebut.

Kemudian juga disediakan Klinik Mediska yang lokasinya berdekatan dengan stasiun dan telah bekerjasama dengan fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta di sepanjang jalur kereta.

“Tujuannya untuk melayani penumpang yang sakit atau dalam kondisi kegawatdaruratan kemudian harus dirujuk ke rumah sakit. Khusus di Stasiun Jember, juga disiagakan 1 unit ambulance yang dapat digunakan untuk merujuk penumpang yang berada dalam kondisi gawat darurat ke rumah sakit,” jelasnya.

Dengan diadakannya pelayanan pemeriksaan kesehatan ini, menurut Mahendro, PT KAI Daop 9 Jember juga bisa mengantisipasi penumpang yang dalam kondisi kurang sehat atau tidak layak untuk melakukan perjalanan. Karena untuk melakukan perjalanan jauh, penumpang memerlukan kondisi tubuh yang sehat terutama penumpang lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

“Kami menghimbau agar para penumpang dapat memaksimalkan seluruh fasilitas kesehatan yang telah disediakan. Selain itu pastikan kembali kondisi kesehatan dalam kondisi yang fit sebelum melakukan perjalanan menggunakan kereta api,” bebernya.

Sementara itu, salah satu calon penumpang Kereta Api Wijaya Kusuma tujuan Banyuwangi – Cilacap, Irham mengaku cukup senang. Apalagi dirinya sangat terbantu dengan adanya layanan kesehatan ini guna memeriksa kondisinya sebelum berpergian.

“Alhamdulillah priksa tadi di layanan kesehatan yang disediakan PT. KAI saya masuk kategori normal,” pungkas Irham. (Agus Salim)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini