Jenazah TKI Asal Banyuwangi yang Meninggal di Malaysia Akan Dipulangkan - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 14 Januari 2020

Jenazah TKI Asal Banyuwangi yang Meninggal di Malaysia Akan Dipulangkan

Foto Istemewa

Banyuwangi, Metro Jatim;

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Banyuwangi dikabarkan meninggal dunia di Malaysia. Diketahui bernama Siti Anisah, warga Dusun Sepanjang Wetan, Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore.

Rencananya jenazah korban akan dipulangkan ke tanah air. Kabar duka ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat.

"Kami mendapatkan kabar dari Kedutaan (Malaysia) ada salah satu buruh migran kita meninggal di Malaysia. Hari ini jenazah akan diberangkatkan dari Malaysia turun di Bandara Juanda,” ujar Alam, pada Senin (13/01/2020) kemarin.

Informasi yang diterima Alam, Siti Anisah meninggal dunia pada bulan Desember 2019 lalu, usai menjalani perawatan akibat perdarahan. Namun dalam surat yang diterimanya tidak dijelaskan penyebab dari perdarahan yang dialami Siti Anisah.

"Pemkab Banyuwangi dalam hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi diminta memfasilitasi pemulangan jenazah dari Bandara Juanda menuju Banyuwangi," ucapnya.

Untuk pemulangan jenazah korban, lanjutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Loka Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI). Rencananya jenazah akan dipulangkan dengan ambulance milik LP3TKI.

Siti Anisah diketahui sudah dua tahun bekerja di Malaysia sebagai housemate. Dia berangkat secara legal. Oleh karena itu dia akan mendapatkan hak-haknya berupa asuransi dan hak lainnya.

"Pemkab akan memfasilitasi semua baik itu buruh migran yang legal maupun ilegal. Cuma kalau yang legal hak yang bersangkutan kita akan ikut membantu pengurusannya," pungkasnya. (AGUS SALIM)

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini