Upacara Bersih Nagari Puncak Peringatan HUT ke 813 Tulungagung - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 19 November 2018

Upacara Bersih Nagari Puncak Peringatan HUT ke 813 Tulungagung


Tulungagung, Metro Jatim;

Minggu,18 November 2018 Pemkab Tulungagung menggelar upacara adat bersih Nagari, merupakan puncak acara peringatan HUT Kabupaten Tulungagung yang ke 813.


Upacara adat ini diselenggarakan sesuai dengan penanggalan dalam prasasti Lawadan, yang ditetapkan sebagai peringatan Hari jadi Kabupaten Tulungagung setiap tanggal tersebut.

Upacara ini digelar di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso. Acara yang di dahului dengan upacara kirap Panji lambang daerah Kabupaten Tulungagung. Dimulai dari halaman Pemkab menuju
Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, berjalan begitu sangat
meriah sekali.


Kegiatan ini selain diikuti Plt Bupati Maryoto Birowo beserta istri hadir juga ketua DPRD Supriyo, Forkopimda, Kapolres, Danramil, Kepala BNNK Tulungagung, Kepala OPD, serta karyawan - karyawati lingkup Pemkab Tulungagung juga ikut memeriahkannya.

Prosesi Upacara Bersih Nagari yang di awali dari KantorPemkab Tulungagung berupa kirap Pataka lambang daerah Kabupaten Tulungagung. Dengan di iringi rombongan drum band Tradisional, pembawa panji, serta 2 Buah tumpeng yaitu tumpeng lanang tumpeng wadon. Staff Pemkab Tulungagung yang memakai pakaian tradisional Jawa dengan melakukan kirab berjalan kaki menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.


Tumpeng wadon berisi aneka buah -buahan dan tumpeng lanang berisikan nasi kuning lengkap dengan berbagai lauk pauk. Setelah dido'akan kedua kedua tumpeng ini dibawa keluar Pendopo.

Ribuan warga yang telah menunggu di luar halaman Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso saling berebut untuk mendapatkan tumpeng.

Para warga ini percaya mereka akan mendapatkan berkah, jika berhasil mendapatkan aneka lauk
pauk dan buah - buahan.



Dalam upacara Bersih Nagari ini Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menjelaskan bahwa "Upacara adat Bersih Nagari ini merupakan bentuk syukur dan terima kasih akan limpahan berkah yang selama ini masyarakat dapatkan. Pihak Pemerintah Kabupaten berharap dengan adanya upacara adat ini Tulungagung akan semakin lebih baik ditahun yang akan datan," begitu ujarnya.

Reporter : (Suryani)
Editor      : Redaksi, Doni

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini