Lestarikan Alam Sebagai Pasokan Air, Personel Koramil 0821/14 Pronojiwo Bersama Warga Bersihkan Embung - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 15 Oktober 2018

Lestarikan Alam Sebagai Pasokan Air, Personel Koramil 0821/14 Pronojiwo Bersama Warga Bersihkan Embung


Lumajang, Metro Jatim;

Embung merupakan cekungan yang berada di daerah perbukitan yang berfungsi sebagai wadah penyimpan air yang berasal dari sumber air, air limpasan maupun air hujan dan dapat dimanfaatkan sebagai irigasi pertanian serta persediaan air bersih bagi masyarakat.

Mengingat fungsi dan manfaat dari keberadaan embung tersebut, Personel Koramil 0821/14 Pronojiwo bersama dengan petugas BPTP Kecamatan Pronojiwo dan masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan dan pelestarian embung yang berada di Dusun Kebonsenin Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Minggu (14/10/2018).

Kepala BPTP Kecamatan Pronojiwo Ir. H. Sutoto, S.P. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa keberadaan embung di wilayah perbukitan maupun pegunungan seperti di wilayah Kecamatan Pronojiwo ini sangat besar manfaatnya khususnya pada musim kemarau saat ini, ujarnya.

“Fungsi utama dari embung adalah sebagai tempat penampung air baik itu berada dari air hujan, maupun sumber mata air lainnya sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pengairan lahan pertanian dan perkebunan serta persediaan air bersih bagi masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Sutoto, embung yang berada di Dusun Kebonsenin ini selain dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih oleh warga Desa Pronojiwo dan Desa Sidomulyo.

“Dengan adanya hal tersebut, kepada masyarakat diharapkan untuk selalu berperan aktif dan peduli terhadap kelestarian alam di sekitar lokasi embung sehingga keberadaan embung ini dapat selalu memberikan manfaat kepada masyarakat dalam jangka waktu yang lama,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Danramil 0821/14 Pronojiwo Kapten Czi I Ketut Sudiarta, bahwa keberadaan embung bagi masyarakat yang berada di daerah perbukitan maupun pegunungan sangat besar manfaatnya sebagai tempat sumber air.

Kepada seluruh masyarakat Kapten Czi Ketut juga mengajak dan menumbuh kepedulian “Mari bersama kita tumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing untuk selalu menjaga kelestarian alam di sekitar kita khususnya alam sekitar embung ini agar sumber mata air yang ada dapat selalu menyediakan suplay air yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari,” himbau Danramil.


Ia juga menegaskan,  bersama dengan seluruh jajaran Babinsa dan Staf Koramil akan selalu berupaya membantu dan mendukung setiap program dari pemerintah untuk memberikan kesejahteraan bagi masyarakat serta demi mewujudkan kemajuan wilayah kecamatan Pronojiwo, pungkas Kapten Ketut.

Reporter : Abd Halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini