Dukung Peningkatan Hasil Pertanian, Babinsa Jatigono Bantu Pembuatan Box Kontrol Pembagian Air - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Minggu, 14 Oktober 2018

Dukung Peningkatan Hasil Pertanian, Babinsa Jatigono Bantu Pembuatan Box Kontrol Pembagian Air


Lumajang, Metro Jatim;

Permasalahan pembagian jatah air bagi lahan pertanian sering terjadi di wilayah khususnya saat musim kemarau.  Guna mengatasi permasalahan tersebut, Babinsa Jatigono Koramil 0821/13 Kunir membantu pembuatan box kontrol pembagian air yang berada di lahan pertanian Poktan Awang Gono Desa Jatigono Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Sabtu (13/10/2018).

Di sela pelaksanaan kegiatan, Babinsa Jatigono Serda Rokhim Alfan Timur mengatakan pembuatan box kontrol pembagian air ini merupakan salah satu program dari Dinas Pertanian sebagai upaya dalam memperlancar dan meratakan pembagian air bagi lahan pertanian petani.

“Babinsa disamping tugas dan tanggung jawabnya melaksanaan pembinaan terhadap wilayah juga sebagai pendamping petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian di wilayah desa binaan,” jelasnya.

Ditambahkan Serda Rokhim, dengan berkoordinasi dengan PPL, babinsa akan selalu siap mendukung dan membantu mensukseskan setiap program dari pemerintah khususnya Dinas Pertanian.

“Diharapkan dengan pembangunan box kontrol pembagian air ini tidak ada lagi permasalahan pembagian jatah air bagi lahan pertanian petani di Desa Jatigono sehingga petani lebih termotivasi untuk meningkatkan hasil pertanian guna mewujudkan serta mensukseskan swasembada pangan nasional,” harap Serda Rokhim.


Hal senada juga disampaikan oleh Tri Putranto, S.P., Kepala BPTP Kecamatan Kunir bahwa pembangunan box kontrol pembagian air ini merupakan program dari Dinas Pertanian sebagai bentuk apresiasi dari usulan dari petani.

“Box kontrol air ini dibuat dengan ukuruan 4 x 5 meter dengan kedalamanan 2,5 meter dan dilengkapi dengan pintu air,”ungkapnya.

Dirinya berharap bahwa setelah selesainya pembangunan box air ini tidak ada lagi permasalahan pembagian air di wilayah. “Untuk itu peran aktif semua pihak khususnya petani untuk selalu menjaga dan merawat box kontrol ini serta memanfaatkannya secara adil sehingga peningkatan hasil pertanian dapat tercapai dan merata,” tuturnya.

“Terima kasih kepada TNI khususnya babinsa yang selalu aktif membantu PPL dalam melaksanakan pendampingan terhadap petani di wilayah, semoga dengan kerjasama yang baik ini dapat mewujudkan swasembada pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan para petani,” pungkas Tri Putranto.

Reporter : Abd Halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini