PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG FASILITASI UPAYA SUSUN KARYA ILMIAH GURU - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Selasa, 11 September 2018

PEMERINTAH KABUPATEN LUMAJANG FASILITASI UPAYA SUSUN KARYA ILMIAH GURU


Lumajang, Metro Jatim;

Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus memfasilitasi upaya peningkatan kualitas dan kreatifitas guru dalam berkarier.  Hal itu, terutama dalam membangun ilmu pengetahuan, melalui karya tulis ilmiah. Apalagi, karya tulus sudah menjadi salah satu kegiatan guru yang mendapatkan kredit poin yang dapat menunjang penilaian kerja guru. Hal itu disampaikan, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Dr. Sukamto, M.Si., saat membuka Workshop Karya Tulis Artikel Populer Nasional 2018, yang diselenggarakan oleh KOMPI di Gedung Soedjono Kabupaten Lumajang, Selasa (11/9/2018) pagi.


Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Dr. Sukamto, M.Si., menyampaikan bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, serta data dan grafik maupun bentuk lainnya, dalam menggunakan media cetak, elektronik dan segala jenis saluran yang berbeda. 


Dijelaskan, bahwa peran pers sangat besar dalam realitas kehidupan, sehingga dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Jurnalistik banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan media massa, kemampuan jurnalistik tidak hanya dibutuhkan oleh rekan-rekan pers saja, tetapi juga bagi akademisi dan masyarakat luas agar tumbuh literasi yang sehat di media massa. "Pemerintah akan sangat memperhatikan Aktifitas dan kreatifitas para guru dalam membangun ilmu pengetahuan, bahkan karya tulis ilmiah sudah menjadi salah satu kegiatan guru yang akan mendapatkan kredit poin untuk menunjang penilaian kerja guru,"ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Komunitas Pers Independen (KOMPI) Kabupaten Lumajang, Samsudin Nabilah, menjelaskan, bahwa saat ini KOMPI mempunyai program "Jurnalis go to  school dan Jurnalis go to campus." KOMPI  sudah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang, dan ke depannya diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain yang ada di Lumajang. "Saya berharap, di samping kita mendapatkan sertifikat untuk menunjang profesi kawan-kawan guru, KOMPI juga berkeinginan bagaimana peserta ini dapat menulis di buku ataupun media massa seperti para narasumber," ujar ketua KOMPI.


Ketua panitia, Moh. Misdi, SH. MH., melaporkan, bahwa tema workshop nasional tersebut: "Workshop Karya Tulis Artikel Populer Tingkat Nasional 2018, Yang ditayangkan di Media Massa". Berkaitan dengan tema yang diangkat, KOMPI menghadirkan 3 narasumber, yaitu Imam Wahyudi (Dewan Pers) sebagai pemateri tentang rambu-rambu saat berekspresi di media massa bidang pendidikan, Oryza Wirawan (Wartawan Berira Jatim Jember) pemateri tentang berpikir dan kreatif, dan Sirikit Syah (Akademisi STIKOSA) pemateri tentang menulis artikel populer.


Workshop tersebut diikuti  para guru, baik guru PAUD, TK, SD maupun SMP se-Kabupaten Lumajang, yang berjumlah 1.500  orang peserta .

Reporter: Abd halim sp

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini