Bina Ketrampilan Saka Wira Kartika, Personel Koramil 0821/07 Randuagung Bekali Materi Dasar Militer - METRO JATIM

Breaking

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini

Senin, 17 September 2018

Bina Ketrampilan Saka Wira Kartika, Personel Koramil 0821/07 Randuagung Bekali Materi Dasar Militer


Lumajang, Metro Jatim;
Anggota Saka Wira Kartika Binaan Koramil 0821/07 Randuagung dibekali materi dasar keprajuritan oleh personel Koramil Randuagung, latihan yang digelar di wilayah Dusun Kalijeruk Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung tersebut diikuti oleh 50 orang anggota Saka,  Minggu (16/9/2018).


Pada kegiatan tersebut anggota Saka Wira Kartika diberikan pengenalan terhadap materi dan pelatihan survival serta mengesan jejak sebagai bekal untuk ketrampilan.



Menurut Serma Sukardi selaku ketua tim pelatih dari Koramil 0821/07 Randuagung mengatakan, "Pengenalan dan pemberian materi dasar ini bertujuan agar para anggota Saka Wira Kartika dapat menyerap pengetahuan sekaligus sebagai pengalaman terhadap situasi dan kondisi yang mereka hadapi pada saat menemukan situasi dilingkungan alam yang darurat,"  ujarnya.


"Dalam kondisi yang darurat mereka dapat memanfaatkan tumbuh-tumbuhan disekitarnya yang tentunya juga harus dipelajari jenisnya yang dapat dikonsumsi sebagai makanan agar anggota Saka Wira Kartika punya kemampuan untuk bisa bertahan hidup dengan cara mendapatkan air dari tumbuhan, menangkap ikan maupun hewan lainnya dengan jebakan serta cara-cara lainnya," jelas Serma Sukardi.


Lebih lanjut ia juga menambahkan, "Pada materi mengesan jejak, mereka akan kita ajarkan cara mencari jejak baik disungai, semak-semak dan menentukan arah menggunakan tanda-tanda alam disekitarnya, " imbuhnya. 



"Semoga dengan materi seperti ini dapat memberikan manfaat bagi mereka sebagai bekal yang bisa diterapkan pada suatu saat nanti jika menemukan hal-hal yang darurat maupun tersesat dialam bebas dan latihan ini nantinya akan kita berikan setiap seminggu sekali dengan materi yang berbeda," pungkas Serma sukardi.

Reporter: Abd halim, SP

Post Top Ad

Pasang Iklan Disini