PBNU Salurkan Bantuan Material Satu Miliar Rupiah dan Spiritual untuk Korban Gempa Lombok

Jawa Timur Uncategorized
Bagikan
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares

Metrojatim.com JAKARTA- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan bantuan material dan spiritual untuk korban gempa Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB). PBNU mengirimkan bantuan melalui NUcare-LazisNU dan LPBINU.

“Bantuan tahap pertama sebesar Rp 1 miliar Nucare-LazisNU kita teruskan ke Lombok, paling banyak korban Lombok Utara. Semua masjid, pesantren, musholah kita instruksikan membaca qunut nazilah karena tidak mungkin upaya manusiawi lahiriah tanpa diback up spiritual seperti itu,” tutur Ketua Umum PBNU, Prof.Dr.KH.Said Aqil Siroj saat konpers di Gedung PBNU, Jakarta, Selasa (7/8).

Kiai Said mendoakan dan meminta keluarga yang menjadi korban gempa agar diberikan kesabaran. Ia menghimbau agar partai politik menghentikan hiruk pikuk perpolitikan untuk memberikan perhatian ke gempa Lombok.

“Dengan niat tulus bukan mempolitisir mari tunjukkan ukhuwah wathoniah, jangan kalah dengan Malaysia dan Singapura yang peduli ke gempa Lombok. Karena saat ini ada kelompok yang sibuk mengurusi politik saja,” imbuh Kiai asal Cirebon ini.

Sementara Ketua PP LPBINU Ali Yusuf menjelaskan pihaknya sudah mengirim tim dengan membuat pos sebanyak enam yang tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat dan Lombok Timur. Menurutnya Lombok Utara yang paling parah kondisinya, hal itu karena daerah tersebut dua kali dalam waktu relatif dekat ditimpa gempa 6,4 SR dan 7 SR pada Minggu malam (5/8) lalu.

“Hampir 50 persen rumah di Lombok Utara roboh karena dampak dua kali gempa besar. Bantuan yang kami distribusikan adalah makanan, air bersih, makanan dan tenda, alas tidur, slimut, karena masuarakat tidak berani kembali ke rumah masih takut roboh. Kami juga mendistribusikan relawan kesehatan,” jelas Ali Yusuf (mj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *