Doa Habib Lutfi Untuk Gus Ipul di Haul Sunan Ampel

Bagikan
  • 40
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    40
    Shares

Metrojatim.com Surabaya – Calon gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menghadiri Haul Agung Sunan Ampel ke-569. Gus Ipul tiba di kompleks Makam Sunan Ampel tepat ketika adzan Magrib berkumandang, Sabtu (5/5) petang.

Beberapa habib sudah menyambut kedatangan Gus Ipul dan langsung mengajak Gus Ipul masuk tenda besar untuk bersilaturahmi dengan para habib, ulama dan kiai yang sudah tiba lebih dulu.

Gus Ipul masuk dan langsung menghampiri Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya yang duduk bersila di sisi timur ruangan. Gus Ipul mendekat mencium tangannya Habib Lutfi.

Obrolan singkat akrab meluncur dari Habib Luthfi dan Gus Ipul. “Mohon doa restu Bib,” kata Gus Ipul yang lantas disambut Habib Lutfi dengan mendoakan Gus Ipul.

Usai silaturahmi singkat, lantas sholat Magrib berjamaah dan berziarah ke Makam Sunan Ampel. Ribuan warga yang ikut haul juga mengiringi doa-doa yang dipanjatkan.

“Sejak kecil saya sering diajak ayah ke sini. Berdoa dan berzikir,” kata Gus Ipul. Ziarah ke Makam Sunan Ampel juga sering dilakukan Gus Ipul bersama KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), maklum Gus Ipul adalah keponakan Gus Dur dan pernah lama ikut dengan Gus Dur.

Gus Ipul menceritakan, saat ziarah bersama Gus Dur di makam Sunan Ampel, ada beberapa amalan doa dari Gus Dur yang diberikan khusus ke Gus Ipul.

“Ada beberapa amalan khusus yang diberikan Gus Dur dan hanya dibaca saat di makam Ampel,” ujar Gus Ipul.

Yang pasti selain berdoa, ziarah ke kuburan para wali adalah bentuk dari penghormatan kepada para ulama yang telah berjasa bagi penyebaran agama di Indonesia.

Selain itu, ziarah yang dikemas dalam haul seperti kali ini merupakan ajang bertemunya para ulama untuk saling bertukar pemikiran dan pengalaman. (mj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *